Selasa, Agustus 09, 2011

Inspirasi dari Ramang untuk Timnas

Inspirasi dari Ramang untuk Timnas


JAKARTA -- Ramang diharapkan menjadi  inspirasi bagi Timnas PSSI untuk meraih  prestasi. Khususnya bagi Timnas SEA Games  dan Timnas Pra Piala Dunia. Itu salah satu  harapan dari peuncuran buku, "Ramang  Macan Bola," di Jakarta, kemarin.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alifian Mallarangeng mengatakan  Ramang adalah salah satu legenda sepak  bola Indonesia. Sepak terjangnya di lapangan  hijau tidak diragukan lagi. Dia mengharumkan  Makassar dan Indonesia.

Betapa tidak, dari 25 gol yang  diciptakan Timnas Indonesia di era Ramang,  sebanyak 19 gol di antaranya disumbangkan  oleh pemain penuh talenta nan sederhana itu.  Rekan-rekannya menyebut Ramang bisa  menendang dari posisi manapun.

"Ramang bukan hanya menjadi  spirit bagi Timnas, tetapi juga bagi seluruh  pemain muda di negeri ini," kata Alifian pada  peluncuran buku tersebut di Wisma Menpora,  Selasa, 9 Agustus 2011.

Alifian mengaku sengaja meminta  peluncuran buku itu di Jakarta agar gaungnya  lebih besar. Seiring dengan kepengurusan  baru PSSI, Alifian ingin memberikan semangat  baru bagi sepak bola Indonesia agar bisa  berprestasi.

Buku setebal 523 halaman tersebut  ditulis wartawan senior, M Dahlan Abubakar  yang saat ini bekerja sebagai kepala Humas  Universitas Hasanuddin. Sampul buku yang  diterbitkan Identitas Unhas itu bergambar  Ramang dengan kaos merah dan celana  putih.

Peluncuran buku Ramang itu  kemarin cukup berkesan karena dirangkaikan  dengan buka puasa bersama Kerukunan  Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS). Acara itu  juga menjadi spesial karena dihadiri sejumlah  pemain era Ramang seperti Harry Tjong dan  Bob Hippy.

Acara itu juga dihadiri sejumlah  tokoh asal Sulsel, yaitu ketua KPID Sulsel  Aswar Hasan, Rektor UNM Prof Dr  Arismunandar, Anggota DPD RI Bahar  Ngitung, Ketua KKSS Abdul Rivai, Tanri  Abeng, dan staf ahli Mepora, Prof Faisal  Abdullah.

Dua putra Ramang, Anwar dan  Rauf juga hadir dalam peluncuran buku  tersebut. Selain itu, hadir pula Sarinah, istri  Suwardi Arland, legenda sepak bola Indonesia  lainnya asal Makassar.

Tidak hanya itu, Ketua Umum PSSI  Djohar Arifin Husin juga menyempatkan diri  hadir dalam acara itu. Djohar berharap  semangat Ramang bisa mengalir dalam diri  pemain agar mampu menorehkan prestasi,  paling tidak di SEA Games 2011.

Djohar juga berharap Timnas Pra  Piala Dunia yang melangkah ke babak ketiga  bisa sukses melewati hadangan berikutnya.  Jika lolos, maka ini akan menjadi kado manis  bagi pengurus PSSI yang baru di bawah  kendali Djohar. (fmc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR?