Senin, Februari 13, 2012

Timnas U-21 Gelar Dua Uji Coba



JAKARTA. Kekalahan Timnas U-21 dari tangan Hyundai Mipo Dolphin langsung dievaluasi pelatih Widodo Cahyono Putro. Untuk semakin mematangkan timnya, para penggawa Garuda Muda akan menjalani pemusatan latihan di JogJakarta mulai hari ini sampai 21 Februari mendatang.
"Kami ingin dapat suasana yang berbeda. Kami akan menggembleng mereka disana dan melakoni  uji coba lagi," kata pelatih asal Gresik itu, kemarin (12/2).
Menurut penilaian Widodo, permainan Andik Vermansyah dkk memang sudah menunjukkan progress yang bagus. Pengalaman bertanding mereka saat ini semakin bertambah dan mendapat ilmu baru saat menghadapi lawan yang secara kualitas berada di atas mereka.
Nah, waktu sekitar 10 hari sebelum berangkat ke ajang Piala Sultan Hassanal Bolkiah di Brunei Darussalam akan dimaksimalkan untuk menutupi kekurangan para pemain. "Anak-anak masih kurang dalam ball possession ketika mendapatkan pressing. Ini akan kami perbaiki dalam beberapa hari ke depan," tuturnya.
Karena itu, timnas U-21 akan menjalani dua kali laga uji coba tambahan. Tujuannya, agar kerja sama dan efektifitas menjalankan strategi dari pelatih bisa semakin terasah. Selain itu, timnas juga akan semakin terbiasa dengan atmosfir pertandingan karena saat melakoni uji coba selama ini, mereka jarang ditonton oleh suporter yang banyak.
Persiba Bantul akan menjadi lawan uji coba pertama selama di Jogja. Rencananya, pertandingan bakal di gelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, pada 15 Februari. Selanjutnya, tim Garuda Muda akan melawan tim Universitas Negeri Jogjakarta (UNY) pada 18 Februari di tempat yang sama.
Melihat kualitas dua lawan yang akan dihadapi, tentu ada perbedaan kualitas antara keduanya. Persiba adalah tim profesional dan kontestan Indonesia Premier League (IPL), sedangkan tim UNY hanya tim kampus.
Menurut Widodo, dirinya sengaja memilih lawan dengan dua kualitas berbeda agar ada tekanan yang berbeda. Melawan Persiba, dirinya ingin melihat timnas kembali menghadapi tekanan dari tim yang sekarang menghuni peringkat ketiga klasemen sementara IPL. Sementara melawan tim lemah akan memberikan suntikan semangat lagi dengan torehan kemenangan yang harus didapat.
"Kami memang memilih demikian. Satu uji coba dengan tim yang kuat, satunya lagi tim lemah untuk mengangkat mental pemain," terangnya.
Di sisi lain, Timnas U-21 akhirnya mendapatkan manajer baru. Penanggung Jawab timnas Bernhard Limbong telah mengumumkan nama Azrul Azwar sebagai manajer yang akan mendampingi timnas menuju ajang piala Hassanal Bolkiah.
Dengan bergabungnya manajer baru itu, Limbong berharap komposisi ofisial timnas U-21 yang lengkap dengan kehadiran Azrul akan meningkatkan kinerja timnas U-21. Dia ingin persiapan timnas U-21 yang diproyeksikan untuk tampil di SEA Games 2013 juga bisa semakin matang.
"Kehadiran Azrul diharapkan mampu membuat timnas U-21 bertambah baik, untuk proyeksi panjang tim ini ke depan," ujarnya.
Azrul sendiri dianggap layak oleh PSSI karena memang sebelumnya pernah mengurusi klub Medan Jaya. Dengan posisinya sebagai salah satu anggota DPR RI, Azrul diharapkan mampu mewujudkan target timnas U-21. (aam/jpnn/nin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR?