Selasa, Februari 14, 2012

Pra-Piala Dunia 2014: Bahrain vs Indonesia
Timnas Senior Janji Takkan 'Andik-Sentris'
Headline
inilah.com/Agus Priatna
Oleh: Anry Dhanniary
Bola - Selasa, 14 Februari 2012 | 18:18 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Timnas Indonesia menuju laga terakhir Grup E pra-Piala Dunia 2014 melawan Bahrain dengan kekuatan baru. Namun nama Andik Vermansyah tidak akan jadi andalan.

Nama Andik belakangan ini menjadi buah bibir pencinta sepakbola Indonesia setelah tampil memukau dalam laga-laga yang ia ikuti. Bahkan pemuda berusia 20 tahun itu acap diisukan menarik perhatian klub-klub Eropa.

Peran Andik juga terlihat sangat menonjol dalam permainan-permainan timnas Indonesia, yang terakhir pada laga timnas U-21 melawan Ulsan Hyundai Mipo Dockyard Dolphins.

Dalam laga yang berkesudahan 2-0 untuk lawan itu, Andik terlihat menjadi tumpuan dengan terus disodori bola dan menjadi awal berputarnya bola di daerah pertahanan lawan. Anggapan timnas mulai 'Andik-Sentris' pun bermunculan.

Dengan kondisi skuad yang compang-camping setelah PSSI melarang timnas menggunakan pemain-pemain Indonesia Super League (ISL) karena dianggap liga ilegal, Andik pun diprediksi kembali akan jadi motor serangan. Tetapi pelatih kepala Timnas Indonesia, Aji Santoso, menegaskan hal tersebut tidak akan terjadi di dalam skuadnya.

"Kalau kemarin ada yang mengatakan timnas U-21 terlalu Andik-Sentris, pasti penilaian itu bertolak belakang dengan penilaian pelatih (Widodo Cahyono Putro). Dan hal itu tidak akan berubah di dalam timnas melawan Bahrain," ujar Aji ketika dihubungi INILAH.COM, Selasa (14/2/2012).

"Sepakbola itu permainan kolektif tidak bisa mengandalkan satu pemain saja. Itu hal mendasar dalam sepakbola," lanjutnya.

Indonesia memasuki laga terakhir Grup E melawan Bahrain dengan status juru kunci dengan poin 0 hasil kalah dalam lima laga sebelumnya.
Skuad yang sebelumnya dipimpin oleh Wim Rijsbergen tersebut saat ini terpuruk di dasar klasemen kalah saat melawan Iran (3-0 dan 1-4), Qatar (2-3 dan 4-0), dan 0-2 saat bertemu Bahrain di Gelora Bung Karno.[yob]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR?