Berita Terkait
Jakarta (ANTARA News) - Juara slam dunk contest tiga kali dalam sejarah NBA, Nate Robinson memamerkan keahliannya dihadapan pemain timnas basket Tanah Air di Hall Basket Senayan Jakarta, Selasa.

Pemain yang saat ini memperkuat klub Oklahoma City Tunder itu beberapa melakukan aksi slam dunk yang dua diantaranya sukses membuat decak kagum pemain maupun jajaran pelatih timnas.

Pada aksi pertama, pemain yang pernah memperkuat klub Boston Celtics dibantu oleh Mario Wuysang. Dari tiga percobaan, satu slam dunk sukses dilakukan. Setelah itu satu dunk dengan cara lain dilakukan dengan baik.

Yang istimewa pada diri Nate Robinson adalah tinggi badan dari pemain kelahiran Seattle 31 Mei 1984 itu tidak begitu tinggi jika dibandingkan dengan pemain-pemain NBA yang lain. Pemain ini hanya memiliki tinggi badan 175 cm.

Tinggi badan pemain yang juga pernah memperkuat klub New York Knicks itu sama dengan mayoritas pemain timnas Indonesia. Bahkan beberapa pemain jauh lebih tinggi dari Nate Robinson.

"Nate tingginya sama dengan rata-rata pemain Indonesia. Tetapi dia mempunyai banyak kelebihan. Lompatannya tinggi," kata Commissioner DBL, Azrul Ananda di sela latihan timnas dengan Nate Robinson.

Menurut dia, upaya mendatangkan juara tiga kali slam dunk itu telah dilakukan sejak tiga tahun lalu. Hanya saja usaha itu baru teralisasi tahun ini. Pihaknya berharap kedatangan Nate Robinson mampu membawa semangat baru bagi timnas.

Nate Robinson selain menunjukkan keahliannya dalam melakukan dunk juga ikut berlatih dengan timnas yang dipersiapkan untuk turun di SEA Games 2011, 11-22 November nanti.

Dalam latihan selain dipantau oleh jajaran pemain juga dipantau langsung oleh manager timnas Syaillendra Bakrie. Bahkan manager muda itu berkesempatan melakukan perbincangan dengan juara slam dunk tiga kali itu.

Nate Robinson sebelum hadir di Jakarta telah menghadiri final liga basket pelajar, Honda Development Basketball League (DBL) 2011 di DBL Arena Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/7). Selain itu hadir pada pemusatan pelatihan basket SMA di DBL Camp 2011.

Di Jakarta, Nate Robinson selain ikut berlatih dengan timnas juga akan melakukan serangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan yang salah satunya adalah berbagi ilmu dengan siswa salah satu SMA di Jakarta.