Sabtu, Juli 30, 2011

hb drop,devense melemah


nblindonesia.com - 30/07/2011
HB Drop, Defense Lemah
Alasan Pencoretan Thoyib dan Oki
Pergantian armada timnas basket putra proyeksi SEA Games XXVI/2011 kembali terjadi. Kali ini giliran Isman Thoyib dan Oki Wira Sanjaya yang harus keluar dari pelatnas karena alasan yang berbeda. Thoyib dicoret karena kondisi fisiknya drop setelah HB-nya turun drastis. Sementara itu, Oki didepak karena defense-nya dianggap kurang mumpuni.
’’Kalau Thoyib bisa fit lagi, tentu dia bisa masuk. Sementara Oki kami beri kesempatan untuk berlatih bersama timnas guna menambah pengalaman. Oki harus mengubah mindset agar tidak hanya menyerang, tapi juga mesti bisa defense,’’ terang Rastafari Horongbala, pelatih timnas basket putra, saat ditemui setelah latihan di Hall Basket Senayan, Jakarta, kemarin (29/7).
Keputusan mendepak Thoyib sebenarnya dilema bagi Rastafari. Sebab, selama ini Thoyib tak masuk daftar coret. Namun, kondisi fisik Thoyib terus menurun sehingga mantan pelatih Garuda Bandung tersebut mesti mengambil keputusan sulit tersebut.
Sudah seminggu ini penggawa Dell Aspac Jakarta tersebut absen latihan. Situasi yang sama juga dialami Ary Chandra. Pilar Pelita Jaya (PJ) Esia Jakarta itu juga tak berlatih dengan Romy Chandra dkk karena terkena gejala tipes. Meski begitu, Ary tetap dipertahankan karena dianggap bisa melakukan dua tugas pokok dengan baik, offense dan defense. Hal itulah yang menjadi kelebihan Ary jika dibandingkan dengan Oki.
’’Oki itu merupakan pemain masa depan. Dia memang bagus. Tapi, basket kan bukan hanya menyerang. Defense juga harus dijalankan. Itu yang membuat kami tetap mempertahankan Ary,’’ tegas Rastafari.
Di sisi lain, Rastafari juga terus berusaha mematangkan pola permainan yang diinginkannya. Salah satu di antaranya, full court press. Menurut dia, pola tersebut belum bisa dijalankan dengan baik oleh anak asuhnya. Itu terlihat ketika Romy dkk menekuk PJ dengan skor telak 78-41 pada laga uji coba kemarin.
’’Belum rapi polanya. Sesekali anak-anak bisa bagus, tapi kemudian tidak bisa lagi. Ada yang menggantung di belakang. Ini yang harus kami ubah karena sudah kebiasaan mereka,’’ tegas Rastafari. (ru/c4/aww)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR?