Sabtu, Juli 30, 2011

Basket Indonesia Peringkat 12 Asia

Basket Indonesia Peringkat 12 Asia

Tokushima (ANTARA News) - Tim nasional bola basket Indonesia akhirnya menduduki peringkat ke-12 pada Kejuaraan Asia Bola Basket nomor putra di Tokushima, Jepang, setelah Sabtu ditundukkan Syria 79-108.

"Ini hasil yang menggembirakan dibandingkan dengan dua tahun lalu di Qatar," kata pelatih nasional bola basket Indonesia Fictor Gideon Roring.

Pada turnamen yang sama di Qatar tahun 2005, Indonesia menduduki peringkat ke-15.

Dalam tujuh kali pertandingan, Indonesia memetik dua kali kemenangan yaitu atas Uni Emirat Arab 63-81 dan Hong Kong 81-78. Indonesia kalah dari Kazakhstan 53-107, Qatar 45-86, India 66-72 dan China 47-102.

Fictor mengatakan dalam tujuh pertandingan itu para pemain Indonesia tampil penuh semangat dan pantang menyerah.

"Walau mereka kalah terus pada penyisihan grup, mereka tidak patah semangat saat tampil dalam pertandingan klasifikasi untuk memperebutkan peringkat sembilan hingga 16," kata mantan pemain center nasional itu.

Ia mengatakan, pengalaman bertanding pada kejuaraan yang diikuti 16 tim Asia itu akan sangat berharga sekali untuk menghadapi SEA Games di Thailand Desember mendatang. "Karena target utama kita adalah SEA Games Thailand," ucapnya.

Pada pertandingan yang berlangsung di hall bola basket Asty Tokushima itu, para pemain Indonesia selalu ketinggalan dalam pengumpulan angka. Pada kuarter pertama, Mario Wuysang dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan lawan 17-34.

Pada kuarter kedua, tim merah putih menerapkan pertahanan ketat, sehingga Syria hanya mampu mencetak 14 angka dan Indonesia 16 poin saat kedudukan 31-48.

Memasuki kuarter ketiga Syria kembali melakukan serangan-serangan tajam menusuk ke pertahanan Indonesia, hingga kedudukan menjadi 78-50.

Pada kuarter keempat, para pemain Indonesia berhasil mencetak angka tinggi dibandingkan dengan tiga kuarter sebelumnya yaitu 29 poin, dan hingga pertandingan untuk memperebutkan peringkat 11-12 itu berakhir kedudukan menjadi 79-108 untuk kemenangan Syria.

Maryo Wuysang menjadi pencetak angka tertinggi di tim Indonesia dengan 33 poin disusul Amin Prihantono 14. Sedang di tim Syria, M Madanly George mencetak 40 angka disusul M Alsaman Hazam 21 poin.

Kejuaraan bola basket di Tokushima ini diikuti 16 tim yaitu China, Jordania, Iran Filipina, Libya, Kuwait, Uni Emirat Arab, Jepang, Qatar, Kazakhstan, India, Indonesia, Korea Selatan, Hong Kong, Taiwan, dan Syria. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR?